Rabu, 23 Mei 2012

Aliran Eksternal (Bluff Body and Streamlined Body)

Pada posting sebelumnya saya pernah mensimulasikan aliran vortex yang terjadi pada sebuah bangunan yang ketika dialiri aliran udara dengan kecepatan tertentu maka akan tercipta vortex. sebelum menjelaskannya saya akan menjelaskan dasarnya.

Suatu aliran dibagi menjadi 2 jenis yaitu aliran dalam (internal flow) dan aliran luar (eksternal flow). Aliran dalam adalah aliran yang terjadi dalam pengertian fluida yang mengalir dibatasi oleh suatu dinding atau boundary tertentu, misalnya aliran di dalam pipa atau aliran dalam turbin. Sedangkan pada aliran luar yaitu aliran yang tidak dibatasi dinding terjadi misalnya pada aliran udara yang melewati body pesawat, body mobil atau aliran air yang melewati body kapal.

Aliran luar ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu aliran Bluff Body dan Aliran Streamlined Body. Dimana terjadi perbedaan antara  nilai Cd (koefisien drag (menyeret)) dan Cf (Koefisien friction (gesekan)).

1. Bluff Body (Cd > Cf) 
2. Streamlined Body (Cd  < Cf)






Bluff Body

Aliran dimana koefisien gesek kecil dan perbedaan tekanan awal dan belakang besar. mangknya pada kotak yang dialiri aliran eksternal terjadi efek bluff body. Bluff Body adalah sebuah bangun geometri yang memiliki hambatan udara yang tinggi sehingga jika memberikan aliran fluida dengan kecepatan yang tinggi akan menyebabkan terbentuknya vortex.

Vortex adalah suatu aliran yang terjadi dengan kondisi fluida tersebut partikelnya berotasi pada aliran rotasinya terhadap titik pusatnya. Pelepasan vortexnya tersebut, biasa kita kenal dengan istilah  vortex shedding.  Biasanya vortex shedding terjadi karena aliran fluida yang melalui bluff body memiliki kecepatan yang tinggi. Berikut adalah pola aliran vortex shedding pada geometry bluff body pada berbagai kecepatan yang melaluinya.

Aliran vortex pada simulasi cfd


Streamlined Body 
Berbeda dengan bluff body, geometry yang memiliki gaya hambat fluida yang rendah disebut dengan streamline body. geometry ini menyebabkan aliran yang melauinya tetap laminar, cantohnya pada desain pesawat terbang. Pola aliran fluida yang mengalir pada streamline dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Terima Kasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar