Minggu, 06 Mei 2012

CFD - Wall Conductive

Pertemuan 2 mei 2012
lama tidak memposting akhirnya kali ini saya sempat untuk memposting, dikarenakan penelitian water tunnel yang tak bisa saya tinggalkan untuk 2 minggu ke depan. ini adalah pertemuan ke 4 setelah UTS dan dilanjutkan dengan simulasi CFD  Wall conductive.  sesuai dengan namanya proses ini merupakan proses parambatan panas dengan perpindahan dari temperatur tinggi ke temperatur rendah pada sebuah dinding dengan memainkan kendali waktu. pada posting sebelumnya pernah dicobakan tetapi tidak dengan pengendali waktu. berikut tahapan simulasinya :

1. Atur Domain


 2. Atur model
pada tahap ini jang lupa untuk mengatur pengkondisian pindah panas (hitung temperatur dan wall konduktif) dan mengatur ikatan waktu terikat (saya memasukkan 120 detik atau 2 menit tiap 1kali iterasi)

3. Atur cell
mengatur titik outlet dan beda dinding w1 dan w2



 4. pengaturan Kondisi Sempadan
untuk mengatur proses perambatan temperatur yang terjadi pada kondisi sempadan, pada kondisi ini W1 akan diberikan nilai dan arah rambat tiap titik yang diinginkan.


5. Kondisi Sempadan
Pada kondisi ini  wall 1 saya atur parameter termalnya dengan fungsi linear temperatur (piecewise)


6. Piecewise linear boundary ini, untuk mengatur fungsi linear pada fungsi temperatur wall 1, titik itu adalah : 1. (25 ; 293) ; 2. (50 ; 303) ; 3. (75;313) 4. (100;323). titik tersebut dimasukkan ke submenu tiap titik untuk mendefinisikan tiap fungsi waktu pada fungsi temperatur.






5. kondisi sempadan w2


6. iterasi
iterasi dilakukan hanya sekali secara terus menerus tampan di reset data untuk mengetahui tiap kenaikan 1 iterasi.


7. hasil kontur temperatur

waktu 120 detik

 waktu 240 detik

 waktu 360 detik

waktu 480 detik

analisa :
terlihat tiap kenaikan 2 menit (120 detik) rambatan panas dari wall 1 akan semakin menjalar ke arah outlet, hal ini disebabkan perambatan temperatur tinggi ke temperatur rendah

terima kasih semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar