Kamis, 19 April 2012

UTS Komtek - Analisa data menggunakan Visual Basic

Berikut adalah cara pengolahan data yang ada pada CFD yang kami buat bersama dengan menggunakan visual basic pada excel :



  • Userform -  Menggunakan 2 pendekatan yaitu penggunaan excel dan visual basic




  • Algoritma

  • Coding


  • Penginputan data - untuk mendapatkan nilai regresi polinomial


(masukan data pada kolom kiri untuk nilai kecepatan terhadap arah y pada node 18 pada kasus ini klik hitung regresi, maka secara komputasi akan mengisi tabel regresi yang telah disediakan sesuai perintah yang diinginkan)

  • Hitung Koeffisien Matrik

 (ketika akan menghitung koefisien akan keluar kotak perintah, kemudian masukan nilai tersebut sesuai panah diatas, lalu kli worksheet dan ok!. maka akan keluar nilai koefisien A B dan C. sesuai panah diatas itu adalah persamaan polinomial kecepatan untuk penghitungan visual basic.)



  • Perhitungan Excel


(hasil excel dapat langsung didapat dengan menginput nilai terkait pada chart kemudian ad treadline dan klik polinomial, maka persamaan polinomial persamaan pada excel akan terlihat. nantinya hasil excel ini akan dibandingkan dengan program vb)






Kesimpulan :

Dari hasil pembandingan ini program vb yang kami buat sudah mendekati dengan pengerjaan excel sebagai objek validasi.Pola grafik yang terjadi sudah  regresi polinomial sesuai digunakan untuk fungsi kecepatan terhadap nilai Y pada node yang diujikan. Dalam kasus ini kami hanya menginput nilai data sampai dengan 36 dari 50 data yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar