Sabtu, 10 Maret 2012

CFD - Aliran udara pada kamar tahap 2 (siang)

Salam.. Setelah mendapat tambahan ilmu, saya kembali melanjutkan pengerjaan tugas cfd kamar almer (4x3x7 m) dengan asumsi pada siang hari dimana jendela pintu terbuka serta ac dimatikan dengan temperatur dinding bidang i dan y pada cell 1-1 mengalamikenaikan temperatur 40 derajat celcius akibat panas matahari, berikut gambarannya :

Grid :

Ruangan 12x9x18 cell ini sekarang sudah dilengkapi tempat tidur, lemari, meja kecil, tv dan ac dengan pengaturan jumlah cell yang di asumsikan mirip keadaan asli.

vektor kecepatan :


Irisan vektor kecepatan :

Hasil Kontur tekanan (tiap layer) :

Hasil temperatur dinding :

Kesimpulan : Dari lanjutan ilmu yang didapatkan, simulasi cfd ini menjadi lebih baik tiap harinya. dengan mengasumsikan pada siang hari dan arah panas matahari terkena langsung bagian dinding luar kamar (bidang I dan J cell 1-1), area sekitar dinding tersebut memiliki temperatur yang lebih tinggi tetapi setelah melewati k=3 temperatur ruangan mulai berkurang. temperatur tersebut juga menaikan tekanan pada area k1 - k4 (terlihat pada gambar). itu saja yang saya bisa sampaikan, tunggu perkembangan ilmu selanjutnya. terima kasih atas perhatiannya. wassalamm..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar