Selasa, 27 Maret 2012

komtek gauss - seidel

Metode Gauss-Seidel digunakan untuk menyelesaikan sistem persamaan linear (SPL) berukuran besar dan proporsi koefisien nolnya besar, seperti sistem-sistem yang banyak ditemukan dalam sistem persamaan diferensial. Metode iterasi Gauss-Seidel dikembangkan dari gagasan metode iterasi pada solusi persamaan tak linier.

Teknik iterasi jarang digunakan untuk menyelesaikan SPL berukuran kecil karena metode-metode langsung seperti metode eliminasi Gauss lebih efisien daripada metode iteratif. Akan tetapi, untuk SPL berukuran besar dengan persentase elemen nol pada matriks koefisien besar, teknik iterasi lebih efisien daripada metode langsung dalam hal penggunaan memori komputer maupun waktu komputasi. Dengan metode iterasi Gauss-Seidel sesatan pembulatan dapat diperkecil karena dapat meneruskan iterasi sampai solusinya seteliti mungkin sesuai dengan batas sesatan yang diperbolehkan.

Suatu sistem persamaan linier terdiri atas sejumlah berhingga persamaan linear dalam sejumlah berhingga variabel. Menyelesaikan suatu sistem persamaan linier adalah mencari nilai-nilai variabel yang belum diketahui yang memenuhi semua persamaan linier yang diberikan.

Rumus iterasi untuk hampiran ke-k pada metode iterasi Gauss-Seidel adalah sebagai berikut. Untuk i = 1, 2, …, n dan k = 1, 2, 3, …,





Algoritma :




Kelebihan :


Metode eliminasi gauss-seidel digunakan untuk menyelesaikan SPL yg berukuran kecil karena metode ini lebih efisien. Dengan metode iterasi Gauss-Seidel sesatan pembulatan dapat diperkecil karena dapat meneruskan iterasi sampai solusinya seteliti mungkin sesuai dengan batas sesatan yang diperbolehkan.


Kelemahan :
Kelemahan dari metode ini adalah masalah pivot (titik tengah) yang harus benar–benar diperhatikan, karena penyusun yang salah akan menyebabkan iterasi menjadi divergen dan tidak diperoleh hasil yang benar.




contoh soal : klik disini
inilah yang saya dapat utarakan, walau hanya kulit luar saja semoga dapat berguna terima kasih..

5 komentar:

  1. Terimakasih tautan ppt Gauss-Seidelnya, sukses selalu,

    mhs.blog.ui.ac.id/dea.adreanni

    BalasHapus
  2. lebih efektif mana dengan metode gauss dan subtitusi balik?

    BalasHapus
  3. maksudnya gmn ya den? bukannya eliminasi gauss ada 2 proses yg terjadi yaitu reduced variable and back substitution.

    BalasHapus
  4. Bung almer, ini kenapa ya, gauss seidel itu sebenarnya masuk ke mana sih? kok sepertinya dia juga ada dipenyeleasian aljabar, saya jadi linglung,hehehe, mohon pencerahannya, apakah dia iteratif atau aljabar

    Salam hangat maulana farhan

    BalasHapus