Jumat, 09 Maret 2012

Komputasi Teknik - (1) Perkenalan perkuliahan

Senin, 13 Februari 2012

Assalammuaikum

Setelah liburan dan kembali ke kampus. Dimulailah perkuliahan komputasi teknik oleh Dr. Ahmad Indra. Selama saya berkuliah di Mesin UI, barulah ini saya merasakan diajari beliau, dan suatu hal yang menggembirakan diajari seorang dosen yang karakternya berbeda. Beliau nantinya akan membimbing kami dalam mempelajari studi kasus yang berhubungan dengan bidang konversi energi. Sedangkan Dr. Ario Sunar akan membimbing mahasiswa manufaktur.

Dalam kuliah ini, beliau menjelaskan secara singkat tentang komputasi teknik. Dalam perkuliahan ini, nantinya para mahasiswa diharapkan mampu mengenali dunia komputasi terutama dalam menyelesaikan suatu fenomena keteknikan. Menerjemahkan suatu eksperimen atau fenomena melalui ilmu matematik dengan mengoptimalkan ilmu komputasi sebagai jembatannya. Oleh karena itu seorang mahasiswa teknik bukan hanya bisa mengoperasikan suatu program komputer tetapi dapat juga mengembangkan, bahkan membuat program lainnya.

Dalam komputasi teknik ini berbagai pendekatan ilmu digunakan, seperti : ilmu matematika, fisika, kimia, ilmu komputer ( software, hardware dan brainware), serta ilmu keteknikan lainnya. Nantinya ilmu - ilmu tersebut dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena dari sebuah studi kasus yang dijelaskan melalui suatu bahasa pemograman.

Dalam kuliah ini, Dr. Ahmad Indra selaku dosen juga menjelaskan sedikit tentang desain (CAD,CAE,CAM), yaitu suatu desain tidak hanya menarik tetapi harus aman , murah dibuat, kuat, tahan lama, serta mementingkan aspek lingkungan (Green Desain), selain itu juga harus diperhatikan aspek pembuangannya (GiGo - Garbage in, Garbage out). Dengan semua aspek desain tersebut nantinya diakhir perkuliahan semua mahasiswa dapat memiliki 3 kriteria, yaitu :

1. Knowledge 2. Skill 3. Value

Dari tiga kriteria tersebut nantinya akan dijadikan penilaian seorang mahasiswa, sehingga seorang mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan ilmunya gar berguna bagi keluarga,masyarakat, bangsa dan negara. Ingat pula kita harus terus mau belajar dan tidak boleh angkuh, karena diatas langit ada langit. Itulah yang saya rasakan dari perkuliahan Dr. Ahmad Indra. Terima kasih. Wassalam_

2 komentar:

  1. alow mer, menarik catatan kuliahmu, boleh nambahi " orang boleh pintar setinggi langit, namun tanpa menulis, maka namanya akan terlupa oleh dunia" karena itulah... menulis itu penting. hehehhe

    BalasHapus
  2. allow mas hasnan.. salam super.
    iyo mas betul sekali,hehe ditunggu mas posting terbarunya biar saya bisa belajar jg dari mas hasnan.hoho

    BalasHapus