Senin, 19 Maret 2012

Komtek - Faktorial

Berikut adalah penjelasan metoda algoritma faktorial yang akhirnya dapat terselesaikan juga. Catkul ini akan menampilkan apa itu faktorial? bagaimana kerjanya? bagaimana jika dalam visual basic? dan tentunya klik on klik untuk refreshing otak catkulers.. yuk disimak..

Dalam matematika, faktorial dari bilangan asli n adalah hasil perkalian antara bilangan bulat positif yang kurang dari atau sama dengan n. Faktorial ditulis sebagai n! dan disebut n faktorial. Sebagai contoh, 7! adalah bernilai 7×6×5×4×3×2×1 = 5040. Berikut ini adalah algoritma faktorial :


ref : wikipedia

Penyelesaian Faktorial melalui VBA Excel :

1. code source

2. Hasil Running VBA
****** FAKTORIAL 1 DAN 0 ******


klik on klik :
yuk sedikit refreshing otak sejenak para catkulmania...
Bagi yang pernah menggunakan VBA Excel mungkin tidak asing lagi dengan penggunaan dim x as double, as integer, as long, dsb. yang biasanya text tersebut ditulis pada bagian awal coding, yang berguna untuk mengenali variabel apa saja yang terkait dalam pengolahan data. berikut saya tuliskan tipe data apa saja dan apa maksudnya. berikut catatannya :

#Tipe Data :
Setiap variabel yang mendeklarasikan dalam VBA excel mempunyai tipe data. Tipe data sebuah variabel akan menentukan nilai apa yang harus ditampung oleh variabel tersebut. Pemilihan tipe data variabel harus tepat dan sesuai dengan nilai yang akan ditampung. Berikut tipe data dalam VBA:
1.Integer
2.Long
3.Single
4.Double
5.Decimal
6.Currency
7.String
8.Byte
9.Boolen
10.Date
11.Object
12.Variant

#Variabel :
variabel merupakan tempat dalam memory komputer yang diberi nama sebagai pengenal dan dialokasikan untung menampung data. sesuai data yang ditampung maka variabel harus mempunyai tipe data yang sesuai dengan isinya. deklarasi variabel harus diletakkan sebelum baris perintah yang menggunakan variabel tersebut. dalam mendeklarasikan variabel anda perlu mengetahui jangkauan dari variabel tersebut. jangkauan variabel pada VBA dapat diketahui dengan kata kunci public, private, dan dim pada saat variabel dideklarasikan.

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT

11 komentar:

  1. Waw.Dahsyat mas almer..lanjutkan..:)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Asyik sekali Pak almer, blog ini sangat menginspirasi saya dalam melanjutkan pelatihan diperguruan Farhan, banyak yang tertarik untuk membaca, semoga semakin bermanfaat yaa, :)

      Hapus
  3. super sekali.. karena jelas, jadinya gak ad pertanyaan.. lanjutkan bung

    BalasHapus
  4. almer..kenapa tipe data yang digunakan double?? bisa dijelaskan kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ini tidak terlalu berpengaruh sih,cos bilangannya kan selalu bulat, tetapi disini saya menggunakan ini biar ad ketelitiannya bagus saja.
      Double : ukurannya 8byte contohnya -1,9282820920 dan +1,9289282929. itu maksudnya, ya tidak berpengaruh gil,hee koreksi ya klo salah, makasih ragil =D

      Hapus
  5. Mas, masih bingung neyh..
    Qo di situ saya masih gak ngerti yang Val (TextBoxn.Text) - 1 To 1 Step -1
    disitu kan stepnya -1,, bisa dijelaskan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. val itu untuk bilangan bulat kan disini faktorial itu bilangan asli jd pasti bulat. kalau (TextBoxn.Text) - 1 To 1 Step -1 ini maksudnya nilai input yg dimaksudkan dimulai dari angka 1 (faktorial kan dimulai dari 1 bukan nol kan? kan bilangan 1) trus -1 lainnya itu dimulai pengerjaan dari step satu, jd urut gtu.. coba aj ganti jd (TextBoxn.Text) - 0 To 1 Step -1 trus running faktorial 4 pasti jadinya 0,1,2,3,4. ntr hasilnya jd 0. bgtu mas enggar smoga faham ya.. CMIIW yaa.. thq

      Hapus
  6. mantab dah,gw demen sama sokip yang satu ini, kapten almer, penjelasannya detil,

    :)

    salam hangat

    BalasHapus