Selasa, 27 Maret 2012

komtek - iterative method

Kali ini saya akan menulis tentang apa itu metode iteratif yang merupakan bagian dari metode numerik. sesuatu metode yang sering kita dengan dengan cara iterasi,semoga saja kedua kata tersebut mempunyai makna yang sama. langsung saja kita bongkar dari maksud dari metode iteratif. selamat menyimak..

Metode iteratif adalah metode yang membahas tentang sebuah angka trial and error pada sebuah pesamaan, dari trial and error nantinya nilai yang memiliki pendekatan menuju keadaan yang sebenarnya atau yang optimum yang akan digunakan untuk mendapatkan solusi dari sebuah persamaan f(x).

metode iteratif tidak terlepas dari bahasa matematik dan algoritma suatu permasalahan. metode iteratif ini dapat menyelesaikan persamaan linear dan non linear. persamaan non linear umumnya lebih sering digunakan dalam metode ini, dikarenakan nilai yang ingin dicari harus sedekat mungkin dan memiliki error yang relatif lebih kecil.

Berikut adalah macam - macam metode iteratif yang terdapat pada buku computer numeric by rajaraman
  1. metode bisection
  2. metode false position
  3. metode newton rhapson
  4. metode secant
  5. metode successive approximation
  6. metode jacobi
  7. metode gauss-seidel
Comparison :

Dari gambar diatas dapat disimpulkan berapa pertanyaan mendasar dari proses iterative. yaitu seberapa cepat untuk mencapai nilai konvergen, bagaimana prosesnya, bagaimana memilih nilai pendekatannya, dan pada saat apa metode itu cocok digunakan.

selain itu solusi dari persamaan polynomial dan persamaan simultan non linear juga termasuk dalam rangkaian metode iteratif ini. untuk lebih memahami coba dilihat pada posting masing-masing untuk beberapa contoh metode iterative.
sekilas info : klik disini


video (jacobi vs gauss seidel)


terima kasih atas perhatiannya.

9 komentar:

  1. menarik sekali.. semua metode dijelaskan dengan baik.. lalu bagaimana dengan bung almer sendiri.. kira2 metode mana yg paling praktis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pilih bisection. nilai konvergensi bs lebih cepat di dapat dan akurat, cuma memang algoritma dan proses codenya agak susah diselesaikan. tetapi tergantung soalnya jg sih klo saya biasanya coba bisection sm newton raphson, mungkin karena sering digunakan jg ya, jd saya rasa lbh mudah. menurut gerry apa? cmiiw deh.. hehe thq ger

      Hapus
  2. Sangat super sekali neyh penjelasannya..
    menurut bung almer, metode mana yang paling mudah untuk dipahami??
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. metoda ini dibuat sudah cukup memudahkan kok bung enggar, cm memang balik lagi ke kitanya mw dicoba yg mana? kan mudah karena biasa. kalau dari segi hasilnya kan bs diliat di buku rajaraman tuh "comparison iterative method". tinggal pilih mw yang cepat, atau keakuratan data. trus kita pahami lbh dalam deh dengan metoda itu, insya Allah bisa deh gar. itu aj yg bs saya jamab. thq yaa koreksi ya klo ada salah.. keep posting!

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nice posting bung Almer...

    Saya jadi mengerti tentang metode-metode iteratif

    keep posting :D

    BalasHapus
  5. beberapa metode tersebut masing-masing memilki kelemahan, bagaimana kita memilih metode yang tepat dalam menyelesaikan permaslaahan yang ada?

    BalasHapus