Selasa, 20 Maret 2012

komtek - Bisection

Pada pembahasan komputasi teknik kali ini saya akan membahan tentang bisection yang merupakan dasar dari teori persamaan non linear. persamaan ini dapat diselesaikan dengan 3 cara diantaranya yang terkenal adalah metode bisection (membagi dua), Newton Raphson, dan Secant. berikut kita kupas sebagian dari bisection. ( formula, using excel (video) or using VBA)

  • Bisection ( metode membagi dua)
Metode bisection ini didasarkan pada teorema nilai antara fungsi kontinyu, yaitu bahwa suatu selang [a,b] harus mengandung f(x) = 0, bila f(a) dan f(b) berlawanan tanda. Proses dilakukan dengan pengulangan membagi selang [a,b] menjadi dua dan dalam setiap langkah diambil setengah selang yang memenuhi persyaratan tersebut. Proses ini diulang sampai didapatkan ketelitian yang sama dengan interval [a,b] terakhir.
*(klik gambarnya untuk lebih jelasnya)

Grafik bisection

Teorema bisection

Flowchart Bisection

Kelemahan yaitu: kecepatannya dalam mencapai divergensi
Kelebihan yaitu: kepastian atau jaminannya dalam menuju konvergensi.


contoh soal bisection pada buku komputasi rajaraman : (using VBA)

code source VBA :

hasil running

jika dibandingkan dengan jawaban dari buku rajaraman :
algoritma versi buku rajaraman
algoritma yang terdapat dibuku sudah sangat jelas jika dibaca dan dicobakan dengan menggunakan excel biasa, tetapi ketika dicobakan di VBA sedikit mendapat kesulitan pada proses looping nilai x0,x1,dan x2. sehingga hasilnya untuk memdapatkan error yang minimum sulit didapatkan.


klik on klik :
refreshing otak dengan liat video pembuatan metode bisection dengan excel 2007. check this out!

Semoga bermanfaat.. terima kasih

12 komentar:

  1. ManTap tap tap taps....aku dah nyobain,sips, thx ya mer atas pencerahannya.
    http://mhs.blog.ui.ac.id/okwaldu.purba/

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaph yaph pak aldo.. selamat mencoba, nti saya pantau lagi di blog bapak. thq semangat..

      Hapus
  2. luar biasa sekali almer farhan ini, kebetulan tadi malam saya juga buat bisection metode ini dengan soal yang sama, tetapi hasil saya beberapa ada yang berbeda dengan hasil di buku ya? dan saya lihat almer juga begitu walau hasil almer jg sedikit berbeda dengan saya, kira2 salah dimana ya itu? kalau hasil saya hanya iterasi di titik tengah saja yang sama dengan buku. teria kasih
    http://mhs.blog.ui.ac.id/aisha.anastasia11/

    BalasHapus
  3. makasih tasia. sebenarnya saya masih banyak salahnya, kayaknya proses loopingnya yang salah. jadi terbalik-balik urutan masuknya dan urutan masuk itu mempengaruhi faktor error. saya sudah mencoba tetapi hasilnya belum kunjung didapat. coba diatur" proses loopingnya sia, syp tw tasia bisa menyelesaikannya,hehe. thq ya selamat mencoba. nanti saya pantau lewat blog.

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat ni bung almer..
    mau tanya dikit mengenai Kelebihan bisection yaitu: kepastian atau jaminannya dalam menuju konvergensi. maksudnya gmna ya?

    BalasHapus
  5. sangat membantu dalam memahami apa itu bisection. diatas dikatakan bahwa ketika dicoba di VBA sedikit mendapat kesulitan pada proses looping nilai x0,x1,dan x2, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi ya?? mohon pencerahannya ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini ragil.. dlu pas saya bikin ini if else dari coding bisection ini. kan ada keterangan tuh dimana x0=x1, x1=x2 dan x2=x1, saya coba ganti sesuai buka rajaraman ga bs, diotak atik sendiri ga bs".. nah ketemulah yang mendekati ya seperti ini. nilai iterasi X2 sudah benar. tetapai untuk nilai iterasi fungsi lainya.. urutannya tidak pas. jadi hasilnya mempengaruhi faktor errornya, begitu. mungkin ragil bisa membantu?hee nti dishare ya.. thq gil =)

      Hapus
  6. wah.. ada videonya segala, thaks bang almer, sangat membantu nie, terutama untuk memahami perbedaanya dan keunggulan metode iterative

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas.. untuk lebih memahami lg mungkin video tutorialnya bisa membantu yg lain =)

      Hapus
  7. Super sekali neyh..
    tapi saya masih bingung neyh implementasinya untuk kehidupan sehari-hari..
    hehe..
    moon pencerahannya master..

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bisection biasanya untuk mencari optimasi suatu sistem, jd pake proses iterasi. setau saya begtu, mungkin bisa ditambahkan?

      Hapus
  8. warna-warna itu maksudnya apa sih mer? kok bagus deh,hehehe

    salam hangat

    BalasHapus